Bikul dan Padi

Dibanyak tempat, sudah lumrah kita dengar tanaman padi "diserang" tikus (bikul). Petani pun merugi. Di Banjar Pagi-Senganan, seorang kawan pegiat pertanian padi alami menjelaskan, konon tanaman/buah padi bukan makanan utama bikul. Kalaupun di makan, tidaklah sebanyak yang kita bayangkan. Bikul konon hanya doyan mengerat tanaman padi akibat giginya yg gatal. Dijelaskan, budaya pertanian yg berubah juga salah satu faktor mengapa serangan bikul sering menggila.

selengkapnya...

Fri, 13 Sep 2013 @23:47

Landak: Satwa Langka di Hulu Otan

Hari semakin siang, kami pun melanjutkan perjalanan menyusur setapak. Nampak pangkung-pangkung berair bening. Udara terasa sejuk. Sesekali kami menunduk mengormati ranting-ranting pohon yang menyapa.

selengkapnya...

Fri, 13 Sep 2013 @23:39

Ngintip

image

Wenten ngintip Jangkrik, wenten ngintip maling, Wenten ngintip nak kayeh, wenten mase ngintip nak metunangan, he e e, muah sane lianan. Ngintip pada dasarnya; ingin mengetahui tanpa diketahui. Ngintip bisa juga bermakna sebuah cara atau metode untuk mendapatkan sesuatu. Ngintip perlu kehati-hatian dan kecermatan. Menurut tiang ngintip termasuk aktivitas yang susah namun mengasyikan, bahkan bisa-bisa bikin ketagihan. Kadang berhasil kadang juga tidak. Belakangan makna ngintip pun sudah meluas, wenten ngintip gae, wenten mase ngintipin nak ngintip.

selengkapnya...

Fri, 13 Sep 2013 @08:22

Usaha Sampah Ala Buk Wulan

Problema sampah adalah tanggungjawab produsennya. Bisa orang, rumah tangga, atau badan. Jadi inisiatif pengelolaan sampah harus digalakkan dan dilakukan dimana pun dan kapan pun timbulan sampah itu terjadi. Jika tidak melibatkan seluruh komponen, maka beban biaya pengelolaan sampah dari uang masyarakat di APBD akan terus meningkat setiap tahunnya. Karena jumlah produsen sampah (penduduk) juga terus meningkat. Faktor cuaca, seperti saat musim hujan juga menjadi tatangan khusus terhadap tingkat pelayanan petugas dalam menangani sampah publik.

selengkapnya...

Fri, 13 Sep 2013 @08:10

Suara Sunari di Bumi Pagi

image

Mungkin sebagian orang masih ada yang belum pernah melihat atau mengenal Sunari, yaitu sebuah benda terbuat dari buluh bambu yang dilobangi dengan teknik khusus, sehingga mengeluarkan suara saat diterpa angin. Sepintas bentuk Sunari nampak seperti buluh bambu untuh menjulang tinggi. Sunari konon erat kaitannya dengan aktivitas dan budaya pertanian (agraris).

selengkapnya...

Fri, 13 Sep 2013 @08:02

Tulah, Ampah

Sing dadi degag ajak rerame nah ning, TULAH nyen! Selegan masuk, apang dueg! Begitu nenek saya mengingatkan kala kecil dulu. Hal serupa juga saya dengar dari orang tua, melanjutkan tradisi petuah lama. Suatu ketika saya pernah duduk di bantal (Galeng). Ibu saya pun menasehati, sing dadi negakin Galeng gung, Busul jit nyen!

selengkapnya...

Fri, 13 Sep 2013 @07:55

Ngulungin Gatep

Gatep (Inocarpus edulis) adalah jenis tanaman keras. Banyak di jumpai di tegalan atau di sepanjang aliran sungai. Biasanya tumbuh rimbun berdampingan dengan pohon canging, bambo atau sentul. Dulu saya pernah mengenal dan berkunjung ke Warung Beten Gatep di wilayah krobokan Badung. Warung itu memang ada di bawah pohon Gatep.

selengkapnya...

Fri, 13 Sep 2013 @07:47

Capung Belauk di Bumi Alami

image

Di Subak Ganggangan Banjar Pagi-Senganan Tabanan, kini sedang dilaksanakan uji coba sistem pertanian padi alami atau padi organik. Ekosistem alami adalah prasyarat untuk melakukan budidaya padi organik, yang pada musim tanam tahun ini sudah di coba di beberapa petak sawah. Uji coba pertanian alami di Subak Ganggangan juga mempelajari kembali bagaimana tanda-tanda alam digunakan sebagai indikator dalam mengukur derajat keseimbangan ekosistem sebuah kawasan. Salah satunya melaui hewan Capung.

selengkapnya...

Thu, 12 Sep 2013 @16:37

Jangan Biarkan Lulu Menyerbu Hulu

image

Lulu (sampah) sekarang sudah menjadi masalah yang meresahkan. Terutama sampah plastik. Got, telabah, dan tukad dipastikan tidak bebas lagi dari sampah plastik. Plastik tidak mudah hancur dalam tanah sehingga mencemari tanah dan lingkungan.

selengkapnya...

Wed, 11 Sep 2013 @13:53

Dacin

image

Dacin adalah alat pengukur berat (massa). Tidak diketahui kapan alat ini pertama kali dibuat. Namun sekitar 7000 tahun lalu Dacin sudah digunakan oleh pedagang bangsa Mesir.

selengkapnya...

Wed, 11 Sep 2013 @13:48

Buah Pulet Ala Pan Balang Tamak

image

Dikisahkan, di sebuah desa di kaki gunung, hiduplah sepasang suami istri bernama PAN BALANG TAMAK dan MEN BALANG TAMAK. Desa itu bernama Suniasari. Konon cukup banyak sudah ulah Pan Balang Tamak membikin resah dan marah warga desa. Upaya mengucilan Pan Balang Tamak Pun terus dilakukan. Salah satu gagasan yang dianggap jitu adalah memagari kebun milik warga.

selengkapnya...

Wed, 11 Sep 2013 @13:34

Ambu-Ambu Penjor, Maknai Spirit Kemenangan Jagat

image

Setiap Hari Suci Galungan dan Kuningan, Ambu (Daun Enau Muda) pasti selalu nampak segar disepanjang jalan. Menghias indah buluh bambu, Penjor. Pakraman Hindu di Bali membuat penjor, sebagai bentuk penghormatan Sang Pencipta, Semesta Raya.

selengkapnya...

Wed, 11 Sep 2013 @10:55

« 1 2 3 4 5

Welcome
image

Made Nurbawa

0818557532


Selamat Datang di Website
Made Nurbawa yang berasal dari Tabanan Bali.
Kategori
Komentar Terbaru
Facebook Made Nurbawa

Kalender

Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?