Pribumi Hindia Belanda (Indonesia)-Wakil Asia Pertama di Piala Dunia Perancis 1938

image

Tim dari Negara Indonesia memang belum pernah tampil dalam sejarah sepak bola piala dunia, namun kesebelasan pribumi dari tanah Indonesia adalah yang pertama mewakili Asia di piala dunia.

Demam Piala Dunia sepak bola benar-benar meramah dunia. DI berbagai wiayah event piala dunia “menenggelamkan” berita Pilkada, Korupsi dan issu-issu politik lainnya.  Tayangan piala dunia di layar televisi merupakan tayangan yang paling ditunggu oleh berbagai kalangan. Bagaimana dengan Indonesia?

Banyak yang mengira orang pribumi (Indonesia) tidak pernah tampil di ajang sepak bola sejagat ini, padahal 7 tahun sebelum Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 bangsa pribumi bumi nusantara yakni di jaman pemerintahan Hindia Belanda sudah tampil di ajang piala dunia.

Mengutip tulisan Daryadi dan kawan-kawan pada bukunya yang berjudul Jejak Langkah KONI 1938-2015 dijelasakan bawah pada tanggal 5 Juni 1938 tercatat sebagai hari penting dalam sejarah keolahragaan Indonesia. Pada hari itu 11 anak muda yang umumnya pelajar berdiri tegap ditengah lapangan rumput  Stadion Velodrome Municapale, Reims, Perancis. Mereka hadir mewakili Hindia Belanda, nama Indonesia saat itu dalam ajang Piala Dunia 1938.

Poto : Momen saat tim nas Hindia Belanda VS Uni Soviet di Piala Dunia 1938

Kesebelas pemuda tadi merupakan wakil Asia pertama di perhelatan sepak bola sejagat. Hanya ada delapan pemuda pribumi asli yang menjadi Identitas Indonesia yakni Frans Alfred Meeng, Anwar Sutan, Isaac Patiwael, Jack Samuels, Hong Djien Tan, Suvarta Soedarmadji, MJ Hans Tahitu dan sang kapten Achmad Nawir.

Dijelaskan bahwa sang kapten Achmad Nawir adalah seorang dokter pribumi asli yang memimpin rekan-rekannya berlaga di Piala Dunia Perancis. Sayang tidak ada diulas seperti apa peringkat kesebelasan Hindia Belanda (Indonesia) saat itu.

Poto : Surat Ikatan Sport Indonesia (ISI/Indosische Sportfederatie) berupa surat tertanggal 3 September 1938

Piala dunia di Perancis 1938 merupakan piala dunia yang ketiga kalinya sejak tahun 1930. Saat itu Piala Dunia masih menggunakan sistem gugur dan hanya menyertakan 16 negara sebagai kontestan.  Saat itu  keluar sebagai juara Italia setelah di final mengalahkan Hunggaria.

Pertama kali piala dunia digelar di Uruguay Amerika latin pada tahun 1930. Waktu itu Uruguay sebagai tuan rumah berhasil keluar sebagai juara setelah di final mengalahkan Runer Up Argentina. (mn).

 

Oleh : Made Nurbawa (Senin 18 Juni 2018)

 

Mon, 18 Jun 2018 @20:04


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Welcome
image

Made Nurbawa

0818557532


Selamat Datang di Website
Made Nurbawa yang berasal dari Tabanan Bali.
Kategori
Komentar Terbaru
Facebook Made Nurbawa

Kalender

Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?