Subak Abian Bwana Manik Sari Desa Belatungan Pupuan

image

Subak Abian Bwana Manik  Sari berada di Desa Adat Belatungan atau secara Kedinasan berada di wilayah Desa Belatungan, Kecamatan Pupuan, Tabanan Bali. Wilayah Desa Adat Belatungan terdiri dari empat banjar/dusun. Sedangkan secara kedinasan Desa Belatungan terdiri dari enam banjar yaitu; Munduk Ngandang, Dajan Ceking,  Delod Ceking, Munduk Gawang, Yeh Sibuh dan Antap Gawang. Dusun Yeh Sibuh dan Dusun Antap Gawang merupakan Desa Adat tersendiri dan memiliki organisasi Subak Abian tersendiri pula.

Keberadaan Subak Abian erat kaitannya dengan kelembagaan dan wilayah adat. Subak Abian Bwana Manik  Sari telah memiliki Awig-Awig Pada tahun 1997 yang disusun saat Kepemimpinan Perbekel I Dewa Made Suwija dan Camat Pupuan saat itu Drs. I Gst Gede Putu Geria dengan semboyan “Utsaha Jaya Wisuda Karya”.

Berdasarkan awig-awig subak tahun 1997 Subak Abian Bwana Manik Sari terdiri dari Empat Tepek yaitu: Tempek Munduk Ngandang, Tempek dajan Ceking, Tepek Delod Ceking dan Tempek Munduk Gawang.

Saat ditemui Minggu (26/6/2016),   Ketua Subak Abian Bwana Manik Sari I Nyoman Winaca mengatakan anggota Subak Abian Bwana Manik Sari memiliki luas wilayah 695,64 Hektar sebagian besar merupakan kebun Kopi Rubusta (585 Hektar), Kelapa (40,30 Hektar), Cengkeh (10 Hektar), Kakau (15 Hektar), Pisang (45,34 Hektar) dan tanaman buah-buahan lainnya seperti manggis, durian, salak, advokat, dan sebagainya .

Sesuai arahan dari Pemerintah Kabupaten Tabanan, tahun 2016 ini Awig-Awig Subak Abian Bwana Manik Sari sedang proses revisi, mudah-mudahan akhir tahun 2016 revisi awig-awig yang baru sudah bisa dirampungkan.

Dengan diberlakukannya UU Desa No. 6 Tahun 2014, mudah-mudahan dapat menjadi momentum bagi krama subak/subak abian yang ada diseluruh Bali untuk kembali menyadari, memahami, dan meyakini kearifan spirit  Subak,  sehingga proses penataan program-program yang ada diwilayah subak dan desa dapat berjalan baik dan lancar (MN).



___________
Catatan : Mohon maaf jika ada salah tulis atau data, jika ada kesalahan akan dilakukan perbaikan sebagaimana mestinya. Suksme.

Thu, 21 Jul 2016 @00:11


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Welcome
image

Made Nurbawa

0818557532


Selamat Datang di Website
Made Nurbawa yang berasal dari Tabanan Bali.
Kategori
Komentar Terbaru
Facebook Made Nurbawa

Kalender

Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?