''DEBES''

image

Stadion Debes boleh dikatakan sebagai saksi generasi dan prestasi olahraga rakyat Tabanan Bali. Tidak banyak yang tahu, kapan percisnya stadion ini diresmikan. Dibangun pada akhir tahun 1970-an (1975-1980) silam di era pemerintahan Bupati Tabanan I Wayan Staat Dharmanaba, “Debes” pun tampil sebagai “Ikon” olahraga Tabanan.

Stadion Debes berada di wilayah Desa Grokgak, tepatnya di Jalan Mawar Tabanan Bali. Nama “Debes” dipilih untuk mengabadikan nama salah satu pahlawan kemerdekaan asal Tabanan yaitu I Gusti Debes kelahiran Jero Timpag berlokasi di sekitar Jl. Gelatik Tabanan (Barat kantor Telkom, Jalan Gajah Mada ke utara). I Gusti Debes pun diabadikan dalam patung berampingan dengan patung Wagimin yang berada di depan Makam Pahlawan Pancaka Tirta Tabanan.

Selain lapangan bola dan atletik, di kawasan ini juga dilengkapi   fasilitas olahraga lainnya, seperti; lapangan basket, GOR dan sebagainya dengan luas lahan keseluruhan kurang lebih 6,5 Ha.  

Sejak lama Stadion ini dijadikan kandang Persatuan Sepak Bola Tabanan (Perst) dengan kapasitas 8.000 penonton.

Di sudut stadion ini pula sekretariat Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tabanan berada, yaitu sebuah organisasi keolahragaan yang mengatur denyut olahraga prestasi yang menaungi beberapa cabang olahraga (cabor).

Di usia tiga dasawarsa lebih, Stadion Debes sepertinya sudah butuh perawatan. Karena beberapa fasilitas olahraga tidak layak digunakan.  “Menjadi penting karena olahraga bukalah sebatas piala dan juara, tetapi olah raga adalah piranti membangun karakter bangsa yang bernilai, mendidik, sportif dan berbudaya”.

“Debes”, ditengah keterbatasan yang ada, persiapan dan seleksi atlet Tabanan menjelang Pekan Olahraga Provinsi september mendatang di Singaraja terus berlangsung. Tentu, pratisipasi, regulasi dan mimpi-mimpi sangat lah berarti. Ada satu pertanyaan yang terlintas, akankah Tabanan siap menjadi tuan rumah Porprov berikutnya?   (MN).

 

 

By: Made Nurbawa

(Sabtu, 11 Maret 2015)

 

 

 

Mon, 13 Apr 2015 @21:47


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 7+6+7

Welcome
image

Made Nurbawa

0818557532


Selamat Datang di Website
Made Nurbawa yang berasal dari Tabanan Bali.
Kategori
Komentar Terbaru
Facebook Made Nurbawa

Kalender

Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?