TUNJUNG TUTUR SPIRIT ARSITEKTUR

image

Purnama Karo, Redite Umanis Menail-10 Agustus 2014, kami bertiga duduk berhadapan. Sesekali saya bersandar di sendi batu tiang utama bale bambu. Siang itu kopi terasa nikmat karena tegal kajanan pasraman senyap-''bersuara tanpa suara''. Semua anak-anak sudah pulang habis latihan tari Puspanjali.

Siang itu tumben saya mendengar kisah hidup ''Tunjung Tutur'', tanaman berdaun lebar, berumbi dan bunganya putih wangi bertangkai besar. Saya tergoda dan terus mendengarkan secara seksama.

Penasaran, kami bertiga melangkah menuju sisi selatan tegal kajanan. Beruntung, siang itu udara lumayan sejuk-mentari sembunyi di balik awan tebal di ambara. Dibawah rindang pepohonan saya diajak melihat subur Tunjung Tutur oleh Nang Oman.  

''Tidak saya duga kalau tanaman yang sering saya lihat itu bernama Tunjung Tutur, nama yang unik, karena struktur tanamannya memiliki filosofi tinggi,''jelas Nang Oman.

Tunjung Tutur daunnya hijau tua bermakna kesejukan, umbinya simbul kemakmuran menyimpan cadangan energy, bunganya berwarna putih simbul kesucian.   Saat mekar sempurna bunganya akan merunduk, satu batang bunga berisi enam mahkota, setiap mahkota terdiri dari enam helai dan dapat tumbuh subur di bawah pepohonan dengan sedikit sinar matahari. 

''Tunjung Tutur, bagian demi bagiannya ternyata mewakili panji-panji kultur-bersahabat dalam rasa, bahasa dan cita-cita. Mengungkap misteri kreatif spirit arsitektur alami Pasraman Tegal Kajanan, Serason Penebel Tabanan Bali.'' (bersambung).

 

 

Mon, 11 Aug 2014 @01:01


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 2+7+1

Welcome
image

Made Nurbawa

0818557532


Selamat Datang di Website
Made Nurbawa yang berasal dari Tabanan Bali.
Kategori
Komentar Terbaru
Facebook Made Nurbawa

Kalender

Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?