Ibu, Pilu Terbelengu

image

Kisah nyata di Bali Utara. Ia adalah ibu dari 5 orang anak.   Sayang di usia yang semakin senja lebih kurang 60 tahun, ibu ini terpaksa di rantai oleh anak kandungnya.

Saat saya berkunjung kerumahnya pada Sabtu, 26/7/2014, aparat desa dan seorang menantunya mengatakan bahwa;   ibu ini mengidap sakit jiwa. Kerap pergi keluar rumah dan berprilaku aneh-aneh di tempat umum. Keluarganya menjadi kerepotan dan malu.

Menghindari hal itu, maka terpaksa tanggan ibu ini di rantai oleh anak dan keluarganya. “Tetangga dan warga memaklumi hal ini”.   Rantai baru dilepas jika ibu ini mau tidur, makan atau MCK.

Konon ibu ini mengalami gangguan jiwa sejak anaknya yang nomor tiga meninggal dunia 2 tahun lalu. Sudah sempat di bawa berobat ke RSJ Bangli, namun disarankan pulang untuk mendapatkan perhatian keluarga.

Anaknya yang lain tidak bisa berbuat apa, karena semuanya sibuk bekerja sebagai buruh kecil. “Dukungan biaya berobat dan kebutuhan hidup sehari-hari masih sangat dibutuhkan oleh keluargan ibu ini,”jelas salah satu tetangganya.

 

Tabanan, 29/7/2014

Made Nurbawa

 

 

Mon, 28 Jul 2014 @23:46


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Welcome
image

Made Nurbawa

0818557532


Selamat Datang di Website
Made Nurbawa yang berasal dari Tabanan Bali.
Kategori
Komentar Terbaru
Facebook Made Nurbawa

Kalender

Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?