Kertamasa : I Cetrung Tak Lagi Bersedih

image

Pagi-pagi saya disuguhi cerita lain tentang I Cetrung. Petani itu ternyata punya pengalaman lain tentang nasib I Cetrung.

Konon I Cetrung kini tak lagi menangis dan bersedih seperti diceritakan dalam pupuh legendaris.  Kini I Cetrung katanya sudah pasrah, bebas dari kemelekatan walau nasib anak-anaknya selalu terancam keadaan.

“Dalam Pupuh legendaris diceritakan anak-anak I Cetrung terancam hak hidupnya karena I Cetrung melahirkan anaknya di luar era Kertamasa, atau diparadokan era “Tulak Sumur” yaitu; melahirkan diluar waktu yang sesuai. Pemilik sawah harus segera memanen padi, artinya rumpun padi tempat I Cetrung bersarang terancam tergusur.

“Pandangan petani itu tentu membuat saya bertanya-tanya? Ada apa kah gerangan?”

Petani itu pun meceritakan alasannya. Pertama : “I Cetrung konon tak lagi bersedih karena Ia sudah biasa bersedih”. Kini kesedihan sudah bagian dari hidup I Cetrung, Ia tak lagi mudah bersedih karena “alah bisa karena biasa”.  Kedua : Kini kabar I Cetrung yang bersedih tak lagi popular alias sunyi tertelan bumi. Bukan karena nasib baik lagi berpihak kepada I Centrung, tapi karena sosok I Cetrung tak lagi ada, alias punah. Kini I Cetrung tak lagi hadir dan menjadi bagian penting tuk ingat dan mengingatkan petani akan hak asasi dan hak konstitusi dalam relasi budaya petani dan lingkungannya.

“I Cetrung kini tetap menikmati hidup di tengah sawah, tapi tidak lagi berumah di sawah, entahlah ia kost atau ngontrak dimana, tak jelas alamatnya,”terang petani itu.

Tentu pandangan kritis si petani itu membuat saya tertegun-lalu pelan-pelan menghirup kopi sambil bergumam dalam hati; “Inikah era revolusi mental ala I Cetrung?” (Bersambung).

 

Tabanan, 15/7/2014

Tue, 15 Jul 2014 @23:31


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Welcome
image

Made Nurbawa

0818557532


Selamat Datang di Website
Made Nurbawa yang berasal dari Tabanan Bali.
Kategori
Komentar Terbaru
Facebook Made Nurbawa

Kalender

Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?