Terhimpit Terjepit

image

Hari ini memanjakan diri dengan memanggil tukang pijit tradisonal.  Saya hubungi nomor Hp. 081337777899, Ia pun bersedia datang.

Ia adalah Wayan Sujana (50 tahun) tukang pijit yang berdomisili rumah kontrakannya di bilangan jalan raya Denbantas (1,5 km ke utara dari rumah sakit umum Tabanan). Wayan Sujana, lahir dengan kemampuan lain (tuna netra) berasal dari  Ababi Karangasem. 

Dikisahkan sejak tahun 1993 hingga 2013, Wayan Sujana blusukan di legian kuta sebagai tukang pijit tradisional. Dunia terus berputar, keberuntungan tidak selalu berpihak. Karenanya beliau memutuskan untuk membuka jasa pijit di rumah kontrakannya di Tabanan sambil mengawasi sekolah anaknya. Kebetulan beliau sudah lama tinggal di Tabanan sejak tahun 1995.

Dari jasa pijit yang tidak selalu ramai, beliau harus berjuang menyekolahkan 3 orang anaknya, kebetulan semuanya laki-laki. Yang pertama sudah tamat SD dan langsung bekerja. Adiknya yang nomor dua kelas 4 SD dan bungsu Kelas 1 SD. Dari tutur Pak Wayan yang sederhana, saya menangkap kesan tantangan hidup semakin berat, wajib sekolah tidak selalu berarti tanpa biaya, apalagi hasil pijat tak seberapa. “Tidak setiap hari ada pasien,”jelasnya.

“Ketika saya tanya adakah para Caleg/Calon DPD yang mendekat sekedar mendengar cerita hidupnya? Atau sekedar mencari inspirasi untuk merancang kebijakan publik bagi yang senasib dengannya? “Wayan Sujana mengaku, “tidak ada”. Bagi Pak Wayan hidup kadang terasa terhimpit terjepit.(MN).

 

 

Tbn, 13/4/2014

 

Sun, 13 Apr 2014 @13:54


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Welcome
image

Made Nurbawa

0818557532


Selamat Datang di Website
Made Nurbawa yang berasal dari Tabanan Bali.
Kategori
Komentar Terbaru
Facebook Made Nurbawa

Kalender

Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?