Jelang Siwa Ratri, Meru Pura Puseh Desa Pakraman Belatungan Roboh

image

Dua hari menjelang Prawani Tilem Kapitu, Hari Suci Siwa Ratri, Warga Desa Belatungan Kecamatan Pupuan Tabanan senin, 27/1/2014 sekitar pk. 11.30 wita dikagetkan oleh robohnya meru yang ada di areal Pura Puseh. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini karena saat kejadian areal pura kosong. Syukur pelinggih lain disebelahnya tidak ada kerusakan.

Saat kejadian tidak ada angin kencang, diperkirakan ada beberapa bagian kayu yang lapuk sehingga tidak kuat menahan beban, bangunan meru ini di buat tahun 1992,“ jelas Bendesa Adat Belatungan Dewa Nyoman Nuarsa saat dijumpai dilokasi kejadian.

Sore hari Bendesa Adat Belatungan, Dewa Nyoman Nuarsa langsung menggelar rapat darurat di wantilan pura setempat diikuti oleh, penglingsir, pemangku, unsur BPD, LPM, kadus dan prajuru desa lainnya.  “Akan dilakukan rapat lanjutan untuk pembangunan kembali meru ini, untuk teknis dan jumlah pembiayaan akan dibahas lebih lanjut,” terang Dewa Nyoman Nuarsa.

Atas musibah ini kerugian diperkirakan ratusan juta lebih. “Dibutuhkan sekitar 200 jutaan untuk pembangunan dan upacara meru yang baru,”terang Wayan Kamajaya salah satu warga yang juga selaku pengurus LPM desa   Belatungan. (MN)

 

Made Nurbawa/27/1/2014

 

 

 

Tue, 28 Jan 2014 @07:43


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Welcome
image

Made Nurbawa

0818557532


Selamat Datang di Website
Made Nurbawa yang berasal dari Tabanan Bali.
Kategori
Komentar Terbaru
Facebook Made Nurbawa

Kalender

Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?