Nostalgia "SD Inpres"

image

Di jamannya, SDN No. 4 Dauh Peken dikenal dengan sebutan “SD Inpres”-mungkin SD Inpres yang pertama di Kab. Tabanan. Terletak di tepi suangai Yeh Empas-Jambe Belodan. Murid angkatan pertama di SD ini dimulai tahun 1976.   Saat awal didirikan, disekitar sekolah masih banyak pohon kutat, bunut, ental, kedongdong, juwet, kelapa, pohon asam, boni, buah kem dan sebagainya. Didepan sekolah mengalir sungai kecil (telabah) kedis dengan air bening. Mengalir ke kawasan subak dukuh, bongan dan sekitarnya.

Kini suasananya sudah berubah, sudah banyak perumahan disekitarnya. Air sungai pun tak lagi bening. Satu-satunya yang tersisa pohon asam disebelahnya. Seingat saya pohon asam itu yang terkecil di jamannya. Beberapa tahun kemudian, masih dalam satu areal di bangun lagi-SDN No. 5 Dauh Peken.

Pengalaman unik,   setiap minggu murid-murid mencari batu di Tukad Yeh Empas, batu-batu untuk mengurug jalan tanah setapak menuju sekolah yang licin di musim hujan. Lainnya bersama kawan-kawan melempar buah mangga atau buah asem saat istirahat.   Ada juga kisah “tenget” Tibu Kroyo di utara sekolah dekat Subamia Kelong.

Di sekolah ini pula, saya heran saat pertama kali melihat dan mendengar “tas kresek” (di bawa oleh salah satu kawan). Saat itu tas kresek baru muncul di pasaran. Ada juga yang berkesan yaitu saat dapat nasi bungkus di kesamen. “Terima kasih kepada ibu dan bapak guru yang dengan gigih telah mengajar saya membaca, Ini Budi, Ini Bapak Budi dan seterusnya yang kini entah tinggal dimana”. (MN).

 

Made Nurbawa, 26/1/2014




 

Sun, 26 Jan 2014 @21:59


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Welcome
image

Made Nurbawa

0818557532


Selamat Datang di Website
Made Nurbawa yang berasal dari Tabanan Bali.
Kategori
Komentar Terbaru
Facebook Made Nurbawa

Kalender

Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?