Geliat Desa Belatungan, Berswadaya Membangun Kantor Perbekel

image

Desa Belatungan adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Pupuan Tabanan Bali dengan luas wilayah 999,888 Ha dengan jumlah penduduk lebih kurang 2.500 jiwa dengan mata pencaharian utama bertani kebun (kopi). Desa Belatungan memiliki enam banjar dinas yaitu : Banjar Munduk Ngandang, Dajan Ceking, Delod Ceking, Munduk Gawang, Yeh Sibuh dan Banjar Antap Gawang. Terbagi menjadi tiga Desa Pakraman yaitu; Desa Pakraman Belatungan, Desa Pakraman Yeh Sibuh, dan Desa Pakraman Antap Gawang.

Dari cerita masyarakat secara turun temurun desa ini berdiri pada awal abad ke-20 dengan membuka hutan belantara. Desa Belatungan kini terus berbenah dan membangun. Salah satunya pada pertengahan tahun 2013 lalu dilaksanakan pembangun Kantor Perbekal yang baru karena kantor perbekel lama kondisinya sudah keropos dan relative kecil. Pembangunan Kantor Perbekel yang baru masih tetap dilokasi kantor lama.

Setelah melalui musyawarah dan perencanaan yang matang sejak bulan maret 2013, dan pada bulan Juli 2013 pekerjaan teknis sudah dimulai. Untuk sementara tatakelola pemerintahan desa dan pelayanan administrasi bagi masyarakat dipindah ke Gedung Arena Desa Belatungan yang jaraknya lebih kurang 50 m di selatan lokasi kantor Perbekel. Biaya pembanguan Kantor Perbekal ini diperoleh dari swadaya masyarakat (MN).

 

Made Nurbawa

Tabanan, 10 Jan 2013

 

Fri, 10 Jan 2014 @23:53


1 Komentar
image

Mon, 21 Apr 2014 @16:55

dw pt alit

saya sebagae ketua bpd mengujap[lkan trima kasi


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Welcome
image

Made Nurbawa

0818557532


Selamat Datang di Website
Made Nurbawa yang berasal dari Tabanan Bali.
Kategori
Komentar Terbaru
Facebook Made Nurbawa

Kalender

Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?