Sahabatku, Pekak Renes

image

Kata orang Pekak Renes adalah jagoan kampung. Kawannya banyak ada dimana-mana. Dimasa mudanya, Ia suka berpetualang ke dura desa. Ia disegani oleh musuh dan sahabatnya. Kerap Ia hadir dalam banyak pertarungan melindungi anak buahnya di medan pertikaian. Konon para jagoan dan begundal di kota dan kampung lain seperti keder menghadapinya. Entahlah, banyak pesaingnya tunduk dan memilih menghindar, takut dan enggan berbuat macam-macam dengan Pekak Renes.

Tidak sedikit orang menyebut Pekak Renes sebagai Preman. Namun bagi ku Ia hanya orang biasa. Jiwa Pekak Renes tak sesangar penampilannya. Ia sesungguhnya sangat humanis dan suka menolong, bahkan sering memberi nasehat bijak kepada sahabat juga musuh-musuh anak buahnya. Walau disegani dan ditakuti, belum pernah Ia menyakiti sesama yang tak bersalah bahkan musuhnya sekalipun. Ia lebih banyak hadir untuk melerai pertikaian. Mungkin itu sebabnya Ia sangat disegani hingga kini. Yang jelas Pekak Renes tidak mudah di provokasi. Baginya yang salah harus dihukum, dan yang benar harus dihormati. Tidak sedikit anak buahnya kena tegur karena berbuat salah.

Sore, 27 desember 2013 lalu saya terakhir kali bertemu dengan Pekak Renes.   Di sana disebuah  dusun di ujung desa. Aku melihat Ia turun ke kali membasuh muka di atas air.  Wajahnya mulai letih dan tua. Tapi Ia terus senyum dan berusaha tertawa. Keperkasaannya di masa lalu masih terasa. Baginya, hidup hanya sandiwara yang akan berakhir segera. Ia adalah sahabatku, bahkan lebih. Selamat tahun baru Pekak Renes, semoga tetap sehat dan bahagia. (MN).

 

Made Nurbawa-Senin,31 des 2013

 

Tue, 31 Dec 2013 @22:58


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Welcome
image

Made Nurbawa

0818557532


Selamat Datang di Website
Made Nurbawa yang berasal dari Tabanan Bali.
Kategori
Komentar Terbaru
Facebook Made Nurbawa

Kalender

Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?