Jaje Begina : Guna Lan Geginan

image

Jaje begina, terbuat dari beras ketan asli. Di Bali, warga membuatnya menjelang perayaan upacara keagamaan seperti Galungan, Kuningan dan sebagainya. Jaje Begina berbentuk bulat umumnya dibuat berdiameter antara 7-12 Cm dengan ditambah bulatan merah di tengahnya. Sekilas nampak seperti “bola mata”. Saya meyakininya, Jaje Begina memiliki makna filosofis-penghormatan semesta raya.


Membuat Jaje begina tidak sulit. Beras ketan di rendam selama dua jam, ditiriskan, lalu di kukus. Setelah setangah jam diangkat dan ditaruh dalam baskom. Kemudian di campur air dingin, diaduk dan ditiriskan. Kemudian dikukus lagi hingga matang sempurna. Kemudian diaduk dengan taburan garam secukupnya. Ada juga di campur gula aren untuk membuat tampilan warna merah/kecoklat-coklatan.


Tahap berikutnya Jaje Begina di bentuk (di pepel), dan ditaruh diatas tikar anyaman. Kemudian di jemur di bawah terik matahari. Jika penjemuran sempurna, dua hari penjemuran Jaje Begina mentah sudah kering, dan siap digoreng dengan minyak kelapa asli (minyak tandusan). Ibu-ibu yang sudah berpengalaman biasanya sangat piawai dalam menggoreng sehingga kematangannya sempurna. Setelah diangkat, minyaknya ditiriskan dan didinginkan. Setelah dingin Jaje Begina kemudian di taruh dalam “Gempu” atau wadah dengan penutup rapat kedap udara. Dengan demikian Jaje Begina tetap kering dan renyah-siap digunakan untuk berbagai keperluan upakara.


“Disamping untuk upakara, Jaje Begina sangat nikmat untuk panganan teman minum kopi. Belakangan juga dibuat dalam beragam bentuk untuk makanan camilan” di toko-toko swalayan.


Satu kilo ketan bisa di buat sekitar 75 buah Jaje Bagina. Jika satu kilogram ketan seharga @Rp.20.000,- dan minyak kelapa tandusan per botol @Rp. 15.000,-   plus tenaga dan bahan bakar. Maka biaya produksi per satu kilogram rata-rata Rp. 40.000,- s.d 50.000,-. Jika kita coba hitung seandainya menjelang Galungan ada sekitar 100.000 ibu rumah tangga di Bali membuat Jaje Begina, maka omset dari pembuatan Jaje Begina mencapai Rp. 5.000.000.000,-. Angka ini bisa lebih, karena per rumah tangga bisa membuat lebih dari satu kilogram ketan. Belum lagi Jaje Uli, Jaje Sirat dan Jaje Matahari.

Dari Jaje Begina ini benar-benar tergambarkan sebuah kreatifitas atau “geginan” dari “guna” atau “Swagina” wanita Bali-sejalan dengan semangat ekonomi kerakyataan yang didengung-dengungkan oleh para aparat pemerintahan. Sekaligus melatih kesabaran dan ketrampilan, dalam memaknai putaran spirit budaya Bali yang maha suci dalam putaran semesta-waktu (wuku). Melestarikan dan mewarisi tradisi dan kearifan nurani (MN).

 

 

Tabanan, 5 Oktober 2013.

By : Made Nurbawa


 



 

Sat, 5 Oct 2013 @11:42


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 8+9+0

Welcome
image

Made Nurbawa

0818557532


Selamat Datang di Website
Made Nurbawa yang berasal dari Tabanan Bali.
Kategori
Komentar Terbaru
Facebook Made Nurbawa

Kalender

Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?