Adat dan Radius Kesucian Desa

image

Lama saya merenungkan, mengapa di tempat kelahiranku ada Desa Adat. Sebuah tatanan atau system kehidupan yang diyakini hingga sekarang. Karenanya, aku pun lahir dan dilahirkan sebagai anak adat. Lalu , mengapa Desa Adat terbentuk dan dibentuk menjadi ada?

Perenungan panjang mebaluri pikiran dan jiwaku. “Jejak-jejak lama langkah para leluhur ku rangkum”. Akhirnya melahirkan sebuah keyakinan bahwa Desa Adat terbentuk dan dibentuk karena adanya keyakinan, pengetahuan, kesadaran akan spirit kawasan alam sekitar. Karena spirit kawasan itulah menciptakan laku dan pelaku. Lalu membentuk jalan  batas aktivitas sampai sejauh spirit alam itu mengijinkan selaras. Terciptalah sebuah kawasan yang berspirit kesucian. Lalu terbentuk kawasan desa. Fenomena dan jejak sejarah ini nampak jelas dalam sejarah SUBAK di Bali.

Apa itu kesucian? Jika kita maknai proses diatas, maka kesucian adalah kemampuan manusia menangkap bahasa alam. Alam memberi petunjuk murni, Alam merangkum aturan, ada yang boleh dan ada yang tidak boleh. Hukum alam hukum kepastian (Maha Suci). Lama kelamaan terbentuk sebuah keyakinan dan tatanan hidup yang melembaga: Terbentuklah DESA ADAT yang kini disebut Desa Pakraman.

Berangkat dari kesadaran itu, maka Desa Adat terbentuk karena merujuk pada hukum/aturan alam. Hukum yang maha suci. Meyakini dan menghormati hak-hak adat, sesungguhnya menghormari hukum alam tersebut. Termasuk juga batas Penghormatan dan Kekuasaan adat, mohon ijin saya menyebut dan meyakini batas kekuasan tersebut   sebagai “RADIUS KESUCIAN DESA”. Bagaimana dengan anda disana?

 

­­­­­­­­­­­­­­­__________________

Tabanan, 10 Peb 2012

By: Made Nurbawa

Renungan pagi saat Minum Kopi

Salam dari Desa Adat Belatungan-Pupuan-Tabanan Bali.

 

 

 

Sun, 15 Sep 2013 @00:03


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 0+6+7

Welcome
image

Made Nurbawa

0818557532


Selamat Datang di Website
Made Nurbawa yang berasal dari Tabanan Bali.
Kategori
Komentar Terbaru
Facebook Made Nurbawa

Kalender

Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?