Ngintip

image

Wenten ngintip Jangkrik, wenten ngintip maling, Wenten ngintip nak kayeh, wenten mase ngintip nak metunangan, he e  e, muah sane lianan. Ngintip pada dasarnya; “ingin mengetahui tanpa diketahui”. Ngintip bisa juga bermakna sebuah cara atau metode untuk mendapatkan sesuatu.

Ngintip perlu kehati-hatian dan kecermatan. Menurut tiang ngintip termasuk aktivitas yang susah namun mengasyikan, bahkan bisa-bisa bikin ketagihan. Kadang berhasil kadang juga tidak. Belakangan makna ngintip pun sudah meluas, wenten “ngintip gae”, wenten mase “ngintipin nak ngintip”.

Mengapa naluri ngintip ada pada diri kita? Mungkin setiap orang pernah melakukannya. Bahkan ngintip seperti sebuah kebutuhan hidup dan naluri hidup. Bahkan keahlian ngintip bisa mendukung profesi khusus, seperti mata-mata, intel, dan sebagainya.

Jika ngintip bermakna “ingin mengetahui tanpa diketahui” menurut tiang menarik untuk dimaknai lagi. Karena sering kali mencari sesuatu dengan cara “DIAM” atau “NYARU” hasilnya lebih efektif. Karena sering kali kita sibuk kesana-kemari untuk mencari informasi, pengetahuan dan atau sesuatu, padahal cukup dengan cara DIAM, NENGIL atau HENING “sesuatu” itu akan datang kepada kita. Tapi perlu aras-arasin mase (pilah dan pilih).

“Kalau begitu; diam, nengil, hening, kadang menjadi pilihan bagi seseorang untuk mengetahui sesuatu”, menurut tiang ada benarnya.

Percaya atau tidak silahkan di coba. “Ngintip” Yuk…..!!

 

 

Saat Hujan Bales, Tabanan 7 Jan 2013

Made Nurbawa



 

 

Fri, 13 Sep 2013 @08:22


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Welcome
image

Made Nurbawa

0818557532


Selamat Datang di Website
Made Nurbawa yang berasal dari Tabanan Bali.
Kategori
Komentar Terbaru
Facebook Made Nurbawa

Kalender

Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?