Ngulungin Gatep

Gatep (Inocarpus edulis ) adalah jenis tanaman keras. Banyak di jumpai di tegalan atau di sepanjang aliran sungai. Biasanya tumbuh rimbun berdampingan dengan pohon canging, bambo atau sentul. Dulu saya pernah mengenal dan berkunjung ke “Warung Beten Gatep” di wilayah krobokan Badung. Warung itu memang ada di bawah pohon Gatep.

 

Buah gatep bisa direbus dan dijadikan tepung. Bijinya bisa untuk bahan pangan. Umumnya digoreng dengan irisan tipis. Tambah enak jika dimasak dengan bumbu lengkap. “Konon daun Gatep bisa untuk mengobati kencing batu dan untuk obat bisul, sementara kulit pohon untuk mengobati rematik. Di Bali, buah gatep digunakan sebagai kelengkapan banten seperti pengadang-adang dan sebagainya.”


Kini di perkotaan pohon Gatep sudah jarang dijumpai, tradisi ngulungin gatep pun sudah jarang dilakukan. Masa kecil dulu saya pernah ngulungin Gatep di tepi sungai. “Mengasyikan kalau pas dapat banyak dengan kualitas bagus. Tapi sering juga apes, kalau ulungan Gatep yang kita pungut sudah busuk.”


Intinya ngulungin Gatep tidak bisa dipastikan hasilnya. Ngulungin gatep harus dilakukan dengan keiklasan. “Alam benar-benar pengetahuan atau guru, karena budaya ngulungin Gatep sangat membantu kita untuk melatih kesabaran diri atau nrimo apa adanya.

 

Mungkin itu sejarahnya, mengapa di tengah masyarakat Bali ada istilah atau perumpamaan; “Care Ngulungin Gatep.” Sebuah perumpamaan untuk menjelaskan sesuatu keadaan yang belum bisa kita pastikan hasil atau kondisinya. (MN).

 

Tabanana, (3/8/2913)

 

Fri, 13 Sep 2013 @07:47


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Welcome
image

Made Nurbawa

0818557532


Selamat Datang di Website
Made Nurbawa yang berasal dari Tabanan Bali.
Kategori
Komentar Terbaru
Facebook Made Nurbawa

Kalender

Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?